Resep Dan Cara Membuat Cumi Pedas Asam Manis

Cumi Pedas Asam Manis foto resep utama

Cumi Pedas Asam Manis

Ceritanya libur kemarin, kami ngasih reward buat anak karena selalu semangat masuk sekolah & supaya dia tetep terus semangat sekolah setelah libur...
Maen" ke pantai terus mampir di Pasar Ikan
si Kakak minta beli cumi yg ukurannya gede" beud.
Karena kecapekan sampe rumah malem, jd baru sempet eksekusi pagi ini buat menu sarapan sekaligus bekal ayahnya kerja😁

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg cumi
  2. 4 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 2 btr kemiri
  5. 1/2 ruas jahe
  6. 1 bh tomat
  7. 15 bh cabe rawit (sdh sya rebus sebelumnya)
  8. laos (geprek)
  9. 1 btng sereh (memarkan)
  10. 2 lbr daun salam
  11. 1 lbr daun jeruk
  12. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  13. 2-3 sdm gula pasir
  14. 1 sdt kaldu bubuk
  15. 2 sdm air asam jawa

Langkah

  1. Siapkan bahan, bersihkan cumi potong" sesuai selera (me: kotak)

  2. Haluskan bumbu, tumis hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan laos

    Cumi Pedas Asam Manis langkah memasak 2 foto
  3. Masukkan potongan cumi. Tambahkan gula, kaldu, ketumbar bubuk dan air asam jawa. Aduk rata, biarkan cumi mengeluarkan air. Tunggu meresap hingga cumi empuk. Tambahkan sedikit air jika perlu / memang suka berkuah banyak. Tes rasa, angkat sajikan.

    Cumi Pedas Asam Manis langkah memasak 3 foto
  4. #Nb : berhubung anak saya blm bisa makan pedas tp emaknya malah justru doyan banget makan pedas, cabenya saya masukkan terakhir setelah saya ambil dlu sebagian cumi yg ga pedas buat anak saya. Itulah kenapa di resep cabenya saya rebus terlebih dlu supaya meskipun dimasukkan terakhir ga bikin bau langu di masakan. Cabenya sebagian sya haluskan, sebagian saya masukkan utuh😀

    Cumi Pedas Asam Manis langkah memasak 4 foto

Tidak Ada Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel